Tips Pemeriksaan USG 4D agar Terlihat Jelas

  • Pilih Waktu yang Tepat

Pemeriksaan USG pada tahap awal bisa dilakukan sejak usia kehamilan 6-7 minggu. Pada usia kehamilan 6-7 minggu loh moms, moms dapat mendengarkan denyut jantung janin. Namun, apabila moms tertarik mengetahui jenis kelamin sang buah hati, pemeriksaan usg 4d bisa dilakukan pada usia kehamilan 18 minggu loh moms.

Apabila Moms ingin mengetahui seperti apa bentuk wajah Si Kecil melalui pemeriksaan USG 4D, waktu terbaik adalah pada usia kehamilan 27-28 minggu moms.  Perlu diketahui moms setelah usia kehamilan 32 minggu, hasil USG akan semakin tidak jelas. Hal ini disebabkan cairan ketuban telah jauh berkurang.

  • Minum Banyak Air

Minumlah 8 gelas air atau 2 liter sejak pagi hari jika moms merencanakan pemeriksaan USG. Hal ini akan membantu membersihkan cairan ketuban, sehingga hasil USG akan nampak jelas. moms juga dapat minum segelas jus jeruk atau sesuatu yang manis saat perjalanan menuju tempat pemeriksaan USG untuk membangunkan Si Kecil. Dengan begitu, saat pemeriksaan USG berlangsung moms dapat melihat gerakan si kecil.

  • Buat Diri Kamu Nyaman

moms juga disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan memudahkan pemeriksaan, seperti blouse yang longgar dan bawahan yang nyaman. Kamu juga dapat memilih loose dress, tetapi kenakan bicycle pants di dalamnya. Karena atasan perlu diangkat sampai di atas perut sehingga memudahkan dokter memeriksakan USG nya moms. Supaya bagian bawah perut nyaman dan tidak perlu terbuka, sebaiknya mengenakan celana lagi. Di samping itu, usahakan perut moms tidak dalam kondisi lapar maupun kekenyangan.

  • Jadwalkan saat Bayi Bangun

Pemeriksaan USG 4D akan menunjukkan pergerakan gambar yang bagus saat sang buah hati dalam kondisi bangun atau terjaga. Setelah usia kehamilan 19 minggu, umumnya janin sudah memiliki pola tidur. Apabila moms sudah tahu kapan saat-saat Si buah hati terjaga, lakukanlah pemeriksaan di waktu-waktu tersebut.

  • Siapkan Pertanyaan

Bukan hanya pertanyaan tentang  jenis kelamin yang hanya ditanyakan saja loh moms, Moms juga dapat menanyakan tentang posisi, kondisi, kesehatan atau bahkan kelainan yang mungkin ada pada janin. Seorang ibu melahirkan normal atau tidak sangat bergantung pada hasil akhir pemeriksaan kehamilan. Untuk pertanyaan seperti ini akan sangat bermanfaat, baik bagi keselamatan Si buah hati atau maupun sang ibu, hingga jelang proses persalinan.

Itultah informasi yang dapat kami berikan mengenai Tips Pemeriksaan USG 4D agar terlihat jelas. Jangan lupa selalu periksakan si buah hati hanya di Plazamedis!