Siapkan ini Sebelum Jalani Kemotrapi – Kanker adalah penyakit yang bisa diobati dengan kemoterapi. Ada beberapa jenis kemoterapi yang bisa diberikan oleh penderita kanker. Jenis kemoterapi yang diberikan disesuaikan dengan status kesehatan dan tingkat keparahan kanker yang dialami.

Siapkan ini Sebelum Jalani Kemotrapi

Namun, semua proses kemoterapi akan dilakukan dengan cara yang hampir sama. Selain dapat meningkatkan pemulihan dan proses penyembuhan, kemoterapi juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Untuk itu, ada baiknya mengetahui persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum menjalani kemoterapi agar proses pengobatan bisa berjalan lancar.

Persiapan kemoterapi

Kemoterapi adalah bentuk pengobatan kanker yang dilakukan dengan berbagai jenis obat. Tidak seperti radiasi atau pembedahan, kemoterapi dapat bekerja di seluruh tubuh. Namun, juga dapat merusak sel-sel sehat yang tumbuh dengan cepat, seperti rambut, kulit, dan sumsum tulang.

Kemoterapi tidak hanya digunakan sebagai pengobatan. Kemoterapi juga bisa dilakukan sebagai langkah untuk mengendalikan sel kanker agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, kemoterapi untuk pasien kanker juga dapat mengurangi risiko memburuknya gejala yang dialami.

Durasi proses kemoterapi yang akan dilakukan berbeda untuk setiap pasien kanker. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat keparahan, tujuan dari proses kemoterapi, jenis kemoterapi yang digunakan, dan respon tubuh terhadap obat kemoterapi.

Perawatan ini bukanlah proses yang mudah bagi sebagian penderita kanker. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan persiapan agar proses kemoterapi dapat berjalan dengan lancar. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalani kemoterapi, yaitu:

Pertahankan kondisi kesehatan yang baik

Sebelum melakukan kemoterapi, pastikan kesehatan Anda dalam kondisi baik. Tidak hanya sebelum menjalani kemoterapi, Anda juga harus dalam kondisi sehat selama menjalani proses kemoterapi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, cukup tidur dan melakukan aktivitas fisik ringan.

Kepatuhan terhadap diet dan nutrisi, serta olahraga teratur, dapat mengurangi risiko efek samping yang dapat terjadi setelah kemoterapi.

Kunjungi dokter gigi

Ulkus aftosa merupakan salah satu efek samping yang sering terjadi setelah kemoterapi. Untuk mengurangi risiko ini, tidak ada salahnya mengunjungi dokter gigi untuk memastikan kesehatan mulut dan gigi Anda dalam keadaan baik. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada dokter tentang proses perawatan gigi dan mulut pasca kemoterapi.

Pastikan pendamping selama kemoterapi

Sebaiknya Anda memilih pendamping dari keluarga atau kerabat dekat untuk membimbing Anda menjalani proses kemoterapi. Anda biasanya akan mengalami beberapa ketidaknyamanan setelah melakukan perawatan ini. Karena itu, pastikan Anda tidak mengemudi atau pulang sendirian.

Baca lebih lanjut tentang kemungkinan efek samping

Tanyakan kepada dokter atau tim medis Anda tentang efek samping yang mungkin terjadi sebelum kemoterapi. Hal ini akan membuat mental dan fisik Anda lebih siap menerima efek samping yang akan terjadi.

Gunakan pakaian yang nyaman

Anda mungkin duduk atau berbaring untuk waktu yang lama selama kemoterapi. Tentu saja, mengenakan pakaian yang sesuai akan membuat Anda merasa lebih nyaman menjalani kemoterapi. Biasanya ruangan kemoterapi akan terasa lebih sejuk, Anda bisa menyiapkan kaos kaki atau baju hangat agar proses perawatan lebih nyaman.

Siapkan air putih dan snack sehat

Siapkan camilan sehat dan air putih sambil menunggu atau menjalani proses kemoterapi. Pastikan Anda tidak minum cukup air sebelum memulai kemoterapi.

Proses kemoterapi membutuhkan waktu yang lama, sehingga menyiapkan camilan sehat juga harus dilakukan agar Anda terhindar dari beberapa makanan yang tabu bagi penderita kanker.

Itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai apa saja yang harus dilakukan saat menjalani kemoterapi. Untuk Anda yang ingin periksa gejala kanker atau hanya ingin sekedar periksa kesehatan sekarang di plazamedis Anda bisa lakukan medical check up dengan harga yang murah.

Kami menawarkan paket untuk Anda supaya memudahkan periksa kesehatan dengan harga yang terjangkau. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas ini dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semua. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar yang sudah tersedia.