Makanan Untuk Menjaga Kenaikan Berat Badan Saat Hamil – Nah, diet selama kehamilan untuk mengatur asupan dan pola makan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai sumber makanan, antara lain:

  1. Makanan sumber karbohidrat

Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat dari nasi, roti, kentang, pasta, mie, sereal dan lain-lain. Karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

  1. Makanan sumber protein

Bayi yang tumbuh dan berkembang dalam kandungan membutuhkan banyak protein, terutama pada trimester 2 dan 3 kehamilan. Sumber protein harian untuk diet ibu hamil dapat diolah dari daging merah, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, dll.

  1. Makanan sumber lemak

Makanan untuk ibu hamil sumber lemak meliputi daging merah, daging ayam, telur, buah alpukat, telur, ikan, serta kacang-kacangan.

Seperti nutrisi lainnya, lemak juga berperan penting dalam mendukung perkembangan otak, mata, dan bagian tubuh bayi lainnya.

Namun, pastikan ibu memilih makanan dengan jenis lemak tak jenuh sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.

  1. Makanan sumber asam folat

Makan makanan dengan kandungan asam folat berperan dalam mencegah bayi lahir prematur dan cacat lahir pada bayi sejak trimester 1 kehamilan.

Sumber makanan kaya asam folat untuk diet ibu hamil antara lain buah jeruk, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

  1. Makanan sumber zat besi

    Kandungan zat besi dari makanan ini terdapatĀ  dalam daging merah, ayam, bayam, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Fungsi zat besi selama kehamilan adalah untuk membawa oksigen dari ibu ke bayi.

  1. Makanan sumber yodium

Asupan yodium yang cukup dalam dietĀ  ibu selama kehamilan sangat membantu dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

Yodium ini bisa Anda dapatkan pada makanan seperti susu, keju, yoghurt, kentang bakar, salmon dan udang

  1. Makanan sumber kalsium

Kalsium selama kehamilan dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, pembekuan darah, serta fungsi otot dan saraf bayi.

Untuk berkembang secara optimal, anak membutuhkan kalsium dalam jumlah besar.

Jika asupan kalsium tidak mencukupi dan tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi, otomatis tubuh akan menyerap kalsium dari tulang.

Jika ini terus berlanjut, Anda berisiko terkena osteoporosis di kemudian hari. Untuk itu, Anda harus memenuhi kebutuhan kalsium dalam diet ibu hamil dengan mengkonsumsi makanan laut, kacang-kacangan, susu, dan produk susu seperti keju dan yogurt.

  1. Makanan sumber serat, vitamin, dan mineral

Serat, vitamin dan mineral sudah tersedia, termasuk sayuran dan buah-buahan untuk ibu hamil.

Buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, pepaya, tomat, stroberi, wortel, bayam dan labu, kangkung, dan lain sebagainya merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik.

Asupan vitamin dan mineral lainnya dari makanan juga bisa Anda peroleh dari daging merah, daging ayam, makanan laut, telur, hingga kacang-kacangan.

Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat kami berikan mengenai Makanan Untuk Menjaga Kenaikan Berat Badan Saat Hamil. untuk informasi lainnya jangan lupa untuk mengunjungi blog kami ya.