Jenis Makanan Penguat Kandungan Bagi Ibu Hamil – Nah, sebagai solusi sumber makanan sehat sekaligus untuk menguatkan kandungan bagi para bumil, berikut pilihan yang disarankan:

  1. Makanan dengan kandungan kalsium

Seperti yang mungkin sudah moms ketahui, untuk memperkuat pembentukkan tulang dan gigi janin dalam kandungan, moms tentunya membutuhkan asupan makanan dan minuman yang mengandung kalsium.

Makanan dan minuman sumber kalsium yang bisa moms konsumsi meliputi susu, yoghurt, telur, keju, tofu, ikan salmon, kacang almond, hingga bayam.

  1. Makanan dengan kandungan protein

Makanan penguat kandungan selanjutnya yang bisa rutin moms makan sejak trimester pertama yakni makanan sumber protein.

Protein sangat dibutuhkan di masa kehamilan loh moms, karena protein mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Pertumbuhan janin yang dimaksud mencakup seluruh tubuh, termasuk perkembangan otak. Itulah sebabnya, ketika asupan protein semasa hamil tidak memadai, perkembangan bayi juga tidak akan optimal.

Makan makanan berprotein tinggi dapat membantu memperkuat perkembangan janin dalam kandungan dengan mendukung otot-otot tubuhnya terbentuk dengan baik.

Selain daging rendah lemak, makanan berprotein tinggi lainnya yang tak kalah bagus untuk menguatkan kandungan yakni telur, ikan, daging ayam, tahu, tempe, serta kacang-kacangan.

  1. Makanan dengan kandungan folat

Terpenuhinya asupan folat selama kehamilan dari makanan bisa membantu menjadi penguat kandungan bumil bagi janin yang sedang berkembang sejak trimester pertama.

Folat pada vitamin B yang bertugas untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf saat lahir. 

Atas dasar itulah bayi memerlukan folat di dalam makanan yang dapat mencegah bayi mengalami spina bifida yaitu sebuah kondisi lahir cacat akibat pembentukan tabung saraf bayi yang terganggu.

Folat yang ada di dalam makanan maupun suplemen biasanya sudah dalam bentuk sintetis yang dikenal dengan nama asam folat.

  1. Makanan dengan kandungan vitamin C

Kandungan vitamin C bisa menjadi sumber makanan penguat kandungan lainnya untuk moms selama kehamilan hal ini karena dapat membantu mendukung perkembangan tulang bayi, gigi bayi, dan proses metabolisme.

Sumber vitamin C dari buah contohnya buah lemon, jeruk, stroberi, mangga, tomat.

Bukan hanya dari buah loh moms, sumber vitamin C sebagai penguat kandungan dari sayur-sayuran meliputi brokoli, kubis, kembang dan lainnya

Selain sebagai penguat kandungan, semua makanan sumber vitamin C tersebut juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan tabung saraf bayi.

Menariknya, vitamin CI juga berperan sebagai antioksidan yang akan melawan radikal bebas penyebab penyakit serta membantu penyerapan zat besi.

  1. Makanan sumber zat besi

Kandungan lain yang tak kalah penting di dalam makanan penguat untuk kandungan adalah zat besi moms. Selama kehamilan, jumlah darah di dalam tubuh moms mengalami peningkatan.

Meningkatnya jumlah darah di dalam tubuh moms otomatis membuat kebutuhan zat besi ikut meningkat dua kali lipat ketimbang saat moms sedang tidak hamil.

Asupan zat besi dari makanan tersebut kemudian digunakan untuk memproduksi hemoglobin yakni protein di dalam sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Peningkatan kebutuhan zat besi inilah yang membantu membawa lebih banyak oksigen untuk bayi.

Ketika simpanan zat besi di dalam tubuh moms saat hamil tidak mencukupi, moms berisiko mengalami anemia defisiensi zat besi.

Selain membuat moms mudah lelah, kekurangan zat besi yang parah selama kehamilan juga meningkatkan resiko bayi lahir prematur. mungkin hanya ini saja informais yang dapat kami berikan mengenai Jenis Makanan Penguat Kandungan Bagi Ibu Hamil

Jangan lupa selalu cek kehamilan anda di Plazamedis!