Gejala Ablasio RetinaPada penderita ablasio retina, penderita tidak mengalami nyeri yang ekstrim meskipun kondisi mata terlihat sangat memprihatinkan.

Gejala Ablasio Retina

Pada orang dengan ablasio retina akan mengalami berbagai gejala diantaranya :
– terhalangnya penglihatan akibat keruhnya vitreous yang bercampur darah 
– Muncul seperti kilatan cahaya  saat melihat, kondisi ini muncul  biasanya dalam keadaan gelap
– Muncul floater atau bintik-bintik kecil yang melayang-layang ketika melihat
– Penglihatan mulai kabur
– Penurunan ketajaman penglihatan
– Mata terasa berat
Ablasio retina adalah penyakit mata yang memerlukan penanganan darurat saat timbul gejala. 

OBAT/PENGOBATAN ABLASIO RETINA

Seiring perkembangan dan majunya teknologi kedokteran serta metode pengobatan ablasio retina dapat disembuhkan. 

Ada beberapa prosedur medis yang akan diambil oleh dokter saat menangani pasien dengan ablasio retina diantara

– Laser atau fotokoagulasi: Dengan metode ini, sinar laser akan ditembakkan melewati lensa menuju area retina yang robek. Sinar laser ini kemudian membuat jaringan parut yang akan menempel pada jaringan lain yang telah robek.

– Cryosurgery: Prosedur bedah yang juga sering disebut cryopexy atau cryotherapy prosedur ini untuk mendinginkan retina yang dapat merusak dan menghancurkan jaringan yang abnormal. Operasi ini bertujuan untuk memunculkan bekas luka tipis yang akan menyambungkan retina ke posisinya kembali.

– Scleral buckling: Dokter akan menjahit semacam kumpulan karet silikon pada sklera yang lokasinya di bagian luar putih mata. Jahitan ini dibuat permanen.

– Vitrektomi: Dokter akan mengambil gel vitreous dari mata dan menggunakan gelembung gas atau minyak silikon sebagai penopang retina. Cairan pengganti harus diambil 2-8 bulan setelah Tindakan operasi.

– Pneumatic retinopexy: Metode ini bisa digunakan jika kadar ablasio retina belum terlalu parah. Dokter akan membekukan area retina yang rusak untuk memasukkan gelembung ke rongga vitreous. Retina bakal terdorong dan menempel ke posisi semula. 

Pada kondisi dan kasus tertentu dokter bisa saja mengambil metode operasi dengan satu jenis atau metode kombinasi. 

Oleh sebab itu sebelum Tindakan operasi dokter perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap setiap gejala pada ablasio retina yang dikeluhkan. semakin terlambat penanganan, semakin kecil peluang ablasio retina bisa sembuh.