Daftar Pilihan Makanan Ibu Hamil agar Bayi Cerdas

  1. Ikan

Ikan justru menjadi makanan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan.

Ini karena ikan termasuk makanan untuk ibu hamil yang banyak mengandung asam lemak omega-3, khususnya DHA (asam dokos heksanoat).

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak yang banyak ditemukan secara alami pada ikan.

Namun, Moms bisa mendapatkan nutrisi makanan ini dari ikan untuk diberikan kepada bayi di dalam kandungan guna mendukung kecerdasan otak.

Bumil bisa makan ikan berlemak seperti ikan salmon dan tuna selama masa kehamilan.

Sebaiknya makan ikan sebagai makanan bumil agar bayi cerdas setidaknya 2 porsi per minggu.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah Anda dapatkan di pasaran.

Bayam adalah sumber makanan dengan kandungan asam folat yang merupakan satu dari beragam nutrisi penting bagi bumil agar bayi cerdas.

Asam folat sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakang bayi, membantu produksi DNA baru.

Selain itu, asam folat juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan.

Kekurangan asam folat saat kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi mengalami cacat lahir.

bumil disarankan untuk mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan bahkan sebelum hamil.

  1. Telur

Telur terkenal sebagai sumber makanan yang kaya protein.

Tetapi, lebih dari itu sebenarnya telur juga mengandung banyak zat gizi penting, seperti zat besi dan kolin.

zat gizi yang terkandung dalam makanan bumil ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin dalam kandungan agar lahir sebagai bayi yang cerdas.

Di sisi lain, kolin bermanfaat dalam membantu perkembangan memori dan kemampuan belajar anak nantinya.

Kandungan kolin banyak terdapat di dalam telur bagian kuningnya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa bumil jadikan makanan ringan selama kehamilan.

Selain kaya akan protein, niacin, asam lemak omega-3, dan asam folat, kacang-kacangan juga merupakan sumber vitamin E yang baik.

Vitamin E ini bukan hanya vitamin untuk bumil, tapi juga diperlukan guna mendukung fungsi DHA dan juga untuk melindungi membran sel otak bayi di dalam kandungan.

Kacang-kacangan juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu fungsi normal otak bayi karena dapat mendukung komunikasi antar sel-sel otak.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak baik dalam jenis asam lemak tidak jenuh tunggal.

Kandungan ini yang menjadi salah satu alasan alpukat termasuk rekomendasi buah untuk bumil.

Otak sangat membutuhkan asupan lemak tidak jenuh alias lemak baik. Ini karena dalam masa perkembangan janin di dalam kandungan, otak banyak tersusun dari lemak.

Menariknya, alpukat mengandung asam oleat dengan jumlah tinggi yang dapat membantu untuk membentuk dan memelihara myelin.

Karena manfaatnya yang sangat baik inilah alpukat menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil selama kehamilan agar bayi cerdas.

Moms bisa mengolah alpukat sebagai menu sarapan untuk bumil, entah dengan dimakan langsung, diolah menjadi jus, dijadikan isian roti, maupun dibuat menjadi salad.