Cara Mengatasi Bau Mulut – bau mulut yang tidak sedap atau halitosis biasanya berkaitan erat dengan kesehatan mulut Anda. Pada umumnya bau mulut disebabkan oleh partikel makanan, bakteri dan kotoran di dalam mulut. Sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut terlalu lama akan dihancurkan oleh bakteri dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Penyebab lainnya adalah kesehatan gigi yang buruk. Masalah gigi berlubang dan gusi sering menjadi penyebab gusi berdarah yang membuat mulut menjadi bau. Yuk, simak lebih dekat masalah kesehatan dan penyebab bau mulut berikut ini!

Cara Mengatasi Bau Mulut

Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara yang tepat untuk menghindari bau mulut, selain menghindari gigi menjadi kuning dan bau mulut, merokok juga menyebabkan timbulnya masalah Kesehatan lainnya.

Perbanyak minum

Memperbanyak minum air selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga membantu membuang sisa makanan yang melekat pada gigi, dan mencegah mulut kering dan stimulasi liur, yang dapat mengatasi masalah bau mulut

Vitamin C

Vitamin C yang terkandung pada buah dan sayuran dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut yang menempel pada gigi dan rongga mulut.

Makan yogurt

Penelitian di jepang menemukan bahwa jika Konsumsi yogurt setiap hari bisa menghilangkan bau mulut, karena Kandungan vitamin D pada yogurt dapat menekan terjadinya pertumbuhan bakteri pada mulut.

Pertumbuhan bakteri. Pilihlah permen tanpa gula dan mengandung xylitol.

Stop kopi dan minuman beralkohol

Kedua jenis minuman tersebut dapat memicu mulut kering dan memicu timbulnya  bakteri untuk berkembang yang menyebabkan bau pada  mulut.

Hindari makanan beraroma kuat. 

Jika Anda sudah menjaga kebersihan mulut tapi aroma mulut masih tidak sedap, mungkin Anda mengalami gangguan kesehatan lain. Jangan lupa juga, untuk rutin memeriksakan kondisi gigi dan mulut ke dokter, setiap enam bulan sekali.