Besarnya Manfaat Komunikasi dengan Janin dalam Kandungan –¬† Pada usia kehamilan sekitar 16 minggu, janin akan mulai mendengar suara dari dalam tubuh moms, seperti suara detak jantung. Suara moms ketika berbicara pun akan mulai terdengar.

Menginjak usia kehamilan sekitaran 26 minggu, buah hati dalam kandungan dapat mulai memberikan respon atau reaksi terhadap suara yang terdengar, entah itu dari luar maupun dalam. Untuk itu, moms dapat mulai menyapa dengan suara lembut untuk membuat si kecil merasa tenang.

Besarnya Manfaat Komunikasi dengan Janin dalam Kandungan

Suara dari luar tidak sepenuhnya terdengar oleh janin. buah hati hanya mendengar sekitar setengah dari volume suara. Terdapat satu fakta yang unik dan menarik loh moms mengenai hal ini. Bayi dalam kandungan tetap dapat kaget dan menangis jika mendengar suara keras secara tiba-tiba 

Setelah tahu kapan waktu tepat untuk mulai berkomunikasi dengan janin, moms perlu tahu apa saja manfaatnya. Setiap suara yang terdengar dapat berpengaruh pada sang buah hati, misalnya mulai dari suara musik hingga kata-kata yang diucapkan baik dari Ibu atau orang lain.

Si kecil dapat mulai mempelajari bahasa

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari laman University of Washington menyatakan, bayi dalam kandungan sudah mulai mempelajari bahasa lebih cepat dari yang diperkirakan.

Penelitian ini bahkan menemukan, janin juga dapat membedakan bahasa moms dan bahasa asing. Dengan kata lain, si kecil dapat mulai mempelajari bahasa setiap kali moms berbicara.

Cara berkomunikasi dengan janin

Berikut beberapa cara yang mungkin dapat menjadi panduan bagi moms ketika ingin berkomunikasi dengan sang buah hati:

  1. Ajak si kecil berbicara tentang hal apapun atau membacakan buku atau bercerita agar ia mengenali suara moms
  2. Memperdengarkan musik atau lagu dengan irama tenang
  3. Bernyanyi atau bersenandung jenis lagu apapun, karena si kecil akan senang mendengar suara moms
  4. Melakukan relaksasi seperti berendam air hangat atau jalan-jalan santai sambil mengajak si kecil berbicara. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari moms yang jauh dari stres selama kehamilan memiliki kesehatan yang lebih baik.
  5. Jangan lupa untuk melibatkan pasangan dan orang-orang terdekat dalam berkomunikasi dengan janin agar si kecil dapat mulai mengenali suara ayah dan kakak, jika ia punya saudara.

Satu hal yang tak kalah penting dan wajib dilakukan di samping melakukan stimulasi adalah asupan nutrisi yang seimbang. moms perlu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil untuk mendukung tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu ibu hamil terfortifikasi. Susu ibu hamil terfortifikasi dapat membantu moms memenuhi kebutuhan asupan harian nutrisi, termasuk Minyak Ikan, Protein, Vitamin dan Mineral yang penting untuk dukung perkembangan otak si Kecil.

 

Jangan lupa selalu cek kehamilan anda di Plazamedis!