4 Cara Memilih Kacamata Terbaik Sesuai Bentuk Wajah

Cara memilih kacamata yang benar tidak hanya dilihat dari warna atau modelnya saja. Justru kalian harus dapat menentukan bentuk bingkai yang sesuai dengan bentuk wajah, potongan rambut, dan bahkan style hijab yang biasa kamu pakai. Pemilihan kacamata dan potongan rambut yang kurang tepat dapat membuat wajahmu justru terlihat lebih tua. Nah, untuk menghindari kesan yang salah dalam memilih kacamata, coba ikuti beberapa tips berikut ini

  1. Wajah Oval

Buat kamu yang memiliki wajah oval sebenarnya tidak perlu bingung dalam memilih bingkai kacamata karena hampir semua model kacamata cocok untuk orang yang memiliki wajah oval. Walau begitu sebaiknya pilih kacamata dengan bingkai berbentuk bulat untuk menyempurnakan garis alami pada wajahmu. Pilih bingkai/frame dengan besar selebar wajah, pastikan frame tepat di garis alis mata. Pilihan frame kacamata yang tepat untuk wajah oval adalah berbentuk bulat, cat-eye, dan persegi dengan frame yang tebal seperti jenis kacamata wayfarer, cat-eye, dan pantos.

  1. Wajah Bulat

Wajah bulat dapat ditandai dengan bentuk tulang pipi yang terlihat samar. Oleh sebab itu, pemilik wajah bulat lebih baik menghindari frame atau bingkai kacamata dengan bentuk yang terlalu bulat dan frame yang tebal. Sebaiknya kalian memilih kacamata dengan bingkai kotak, oval, atau lensa dengan bentuk yang menyerupai huruf D yang memiliki ujung-ujung runcing dan less frame seperti kacamata modern retro, futuristic, dan rimless.

  1. Wajah Persegi

Apabila kamu memiliki wajah dengan lebar dahi, tulang pipi, dan jawline yang sama lebarnya namun pada bagian rahang terlihat lebih tegas, maka itu tanda bahwa kamu memiliki wajah berbentuk persegi. Bentuk kacamata yang sesuai bentuk wajah persegi adalah menggunakan jenis frame yang tipis. Dengan begitu akan membuat wajah kamu yang tegas bisa lebih tersamarkan dengan menggunakan kacamata rimless.

  1. Wajah Hati

Kategori bentuk wajah selanjutnya seringkali sulit dibedakan dengan bentuk wajah persegi yaitu heart shaped face alias bentuk wajah hati yang memiliki ciri khas dengan luas dahi yang lebih lebar dibandingkan bagian wajah lainnya, serta dagu yang runcing dan menonjol. Dengan wajah berbentuk hati ini, pilihlah kacamata yang dapat menonjolkan garis rahang dan ukuran dahi yang lebar. Untuk itu, wajah berbentuk akan tampil sempurna dengan kacamata aviator, shield, dan kacamata dengan frame yang clean.