3 Tips Menjaga Mata Sehat Meski Menatap Monitor Seharian

Sebagai bagian dari kemajuan teknologi saat ini tentu kita akan selalu berhubungan erat dengan perangkat teknologi. Kebutuhan kita menggunakan teknologi bisa setiap jam bahkan setiap menit, bahkan  bagi seorang pekerja diharuskan menatap layar monitor hingga 8 jam bahkan lebih.

Sementara itu, kegiatan harian yang tidak terlepas dari layar Monitor atau layar HP seperti bermain games, facebook, instagram dan youtube hingga tidak jarang lupa waktu. Kegiatan dan kebiasaan seperti itu akan  menimbulkan gangguan pada mata seperti mata lelah dan mata kering.

Karena itu perlu perhatian khusus agar kesehatan mata tetap terjaga. Berikut 3 tips menjaga mata sehat yang bisa Anda lakukan:

  1. JAGA JARAK PANDANG

Pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga jarak pandang antara mata dengan layar komputer. Jarak terbaik antara mata dengan layar komputer adalah sekitar 30 – 40 cm. Posisi layar lebih rendah dari posisi mata, sehingga membentuk sudut sekitar 15 derajat.

  1. ATUR TERANG CAHAYA PADA MONITOR

Sesuaikan gelap terang cahaya pada layar komputer Anda dengan ruangan. Mengatur terang cahaya pada layar komputer bertujuan agar mata tetap bisa tetap jelas melihat sehingga tidak menimbulkan pusing.

  1. JANGAN LUPA BERKEDIP

Jika dalam posisi normal atau saat tidak sedang bekerja seseorang dalam semenit bisa mengedipkan mata 18 – 20 kali. Namun, menurut penelitian hasilnya berbeda dengan orang yang sedang bekerja hanya mengedipkan mata sebanyak 7-10 kali. Maka dari itu, selalu sempatkan waktu untuk mata Anda beristirahat ya!