Penyebab Karang Gigi – Karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak yang mengeras dan tidak segera mendapatkan penanganan.

Penyebab Karang Gigi

Karang gigi atau kalkulus adalah jenis kotoran yang melapisi bagian luar gigi dan perlu bantuan medis untuk melakukan pembersihan, penanganan pada kasus karang gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi, pada beberapa kasus karang gigi tidak selalu menimbulkan gejala khusus akan tetapi tidak rutin membersihkan karang gigi akan menimbulkan beberapa masalah pada mulut dan gusi, diantaranya terjadinya pembengkakan pada gusi atau bau mulut yang berkepanjangan. 

Penyebab Terjadinya Karang Gigi

lapisan tipis pada gigi akibat sisa makanan yang tertinggal dan akan mengeras, kemudian akan menjadi karang gigi karena tidak segera mendapatkan penanganan. 

Beberapa faktor yang meningkatkan resiko terjadinya seseorang mengalami karang gigi adalah kebiasaan sehari-hari seperti merokok, tidak menggosok gigi dan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik.

Makanan Penyebab Karang Gigi

Makanan yang mengandung karbohidrat seperti kue, roti dan susu yang tertinggal di lapisan gigi dan tidak dibersihkan dengan tidak tepat akan menimbulkan tumbuhnya bakteri pada mulut dan dapat mengakibatkan terbentuknya karang gigi, selain itu terlalu sering mengkonsumsi alkohol juga meningkatkan resiko seseorang memiliki karang gigi, hal ini terjadi karena menurunnya produksi air liur, air liur diperlukan untuk mencegah sisa makanan menempel pada gigi. Selain dapat merusak kesehatan gigi, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat merusak organ tubuh kamu lainnya.

Pemeriksaan Karang Gigi

Sebaiknya mengunjungi dokter gigi dengan rutin setiap 6bulan sekali, hal ini akan memudahkan dokter gigi untuk mendeteksi kemungkinan masalah karang gigi pada pasien. pemeriksaan rutin juga sangat bermanfaat  untuk mendeteksi gangguan gigi lebih dini. Karena  dengan pendeteksian gigi lebih dini akan mendapatkan penanganan lebih dini dan cepat.

Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat ami berikan semoga informasi diatas ini bisa bermanfaat untuk Anda semua yang membacanya.