Kesalahan Saat Berolahraga – Puasa jangan dijadikan alasan untuk malas berolahraga. Bahkan, Anda dianjurkan untuk tetap aktif meski sedang berpuasa. Sayangnya, tak sedikit orang yang melakukan hal sebaliknya mengambil cuti dari olahraga saat berpuasa.

3 Kesalahan Saat Berolahraga Dibulan Puasa

Penyebabnya tentu karena tubuh tidak makan dan minum sehingga mudah haus dan lapar saat berolahraga. Memang benar, olahraga puasa tidak boleh dilakukan sembarangan. Saat berolahraga selama bulan puasa, sebaiknya hindari kesalahan berikut:

Waktu Olahraga yang Sama

Jangan mengira bahwa kondisi tubuh saat berpuasa dan tidak sama. Karena tubuh lebih cenderung mengalami dehidrasi dan lemas saat berpuasa. Bukan tanpa alasan asupan makanan dan minuman yang terbatas menyebabkan tubuh lebih cepat lelah.

Artinya saat berpuasa Anda tidak bisa berlatih dengan durasi dan intensitas yang sama seperti saat Anda tidak berpuasa. Kurangi durasinya sesuai kemampuan tubuh. Misalnya, jika Anda biasanya berolahraga selama satu jam sehari saat tidak berpuasa, Anda dapat menguranginya menjadi 30 menit saat berpuasa.

Makan terlalu banyak saat berbuka puasa

Disimpulkan untuk menghemat energi agar fisik lebih kuat saat berolahraga dengan makan berlebihan saat berbuka tidak dianjurkan. Makan berlebihan hanya akan membuat tubuh lemas dan malas untuk beraktivitas. Tak hanya itu, makan berlebihan juga membuat Anda harus menunda waktu latihan.

Anda tidak bisa langsung berolahraga dengan perut kenyang. Jadi perhatikan asupan dan ukuran porsi Anda. Sebaiknya pilih makanan berserat tinggi agar bisa merasa kenyang lebih lama tanpa makan berlebihan saat sahur atau berbuka puasa.

Melewatkan waktu Sahur

Tidak sedikit orang yang melewatkan sahur saat berpuasa. Mereka memilih untuk makan di malam hari dan segera bangun setelah matahari terbit seolah-olah tidak sedang berpuasa. Penyebabnya mungkin karena mereka takut mengantuk jika harus bangun pagi, meninggalkan tubuh dalam keadaan puasa lebih dari 13 jam.

Padahal, hal ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan Anda sakit kepala, refluks asam, dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan. Jadi sebaiknya hindari melewatkan sahur saat berpuasa, ya!

Ingatlah bahwa tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan saat berpuasa. Ada beberapa jenis olahraga yang dianggap cukup berat dan bisa mengeluarkan energi lebih banyak jika dilakukan saat berpuasa. Misalnya, angkat beban membuat tubuh lebih cepat lelah.

Pilih olahraga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda, atau jogging saat berpuasa. Meski tergolong ringan, olahraga jenis ini tetap baik untuk menjaga kesehatan jantung. Perhatikan juga waktu istirahat. Hindari begadang karena Anda mungkin melewatkan waktu sahur dan tubuh Anda akan lelah keesokan harinya.

Kalau kamu merasakan adanya gejala yang tidak biasa pada tubuh, kamu bisa langsung bertanya pada dokter.  Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Kesalahan Saat Berolahraga dibulan puasa semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua yang membacanya, temukan informasi lainnya pada menu artikel kami. disana kami memberikan informasi yang mungkin akan berguna nantinya untuk Anda.