Fungsi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja – Apa sih sebenarnya PRODUKTIVITAS itu?  Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu entah itu berupa barang atau jasa.

Fungsi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Produktivitas tenaga kerja adalah tingkat kemampuan tenaga kerja dalam menghasilkan produk atau menyelesaikan suatu pekerjaan dengan volume tertentu dalam batas waktu tertentu dalam kondisi standar dan diukur dalam satuan volume/hari-orang.

Tenaga kerja atau sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam mengukur produktivitas karena besarnya biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja merupakan bagian biaya terbesar untuk pengadaan produk dan jasa. Sumber daya manusia merupakan peranan penting bagi keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan, karena manusia merupakan aset hidup yang perlu dipelihara dan dikembangkan.

Oleh karena itu karyawan harus mendapatkan perhatian yang khusus dari perusahaan.

Mengapa demikian…?

Karena jika tenaga kerja yang dimiliki perusahaan mampu memberikan kontribusi yang optimal maka produktivitas perusahaan dapat tercapai dengan mudah. Dalam pengelolaan sumber daya manusia inilah diperlukan manajemen yang mampu mengelola sumber daya secara sistematis, terencana, dan efisien. Salah satu hal yang harus menjadi perhatian utama bagi manajer sumber daya manusia ialah sistem keselamatan dan kesehatan kerja.

Pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawan sangatlah penting karena bertujuan untuk menciptakan sistem keselamatan dan kesehatan kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka mengurangi angka kecelakaan kerja maupun menghindari terciptanya Penyakit Akibat Kerja.

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja adalah pelaksanaan dan pengawasan program keselamatan kesehatan kerja yang belum maksimal. Apabila program keselamatan kesehatan kerja terlaksana dengan baik, maka kasus kecelakaan kerja dapat dihindari sehingga dapat tercapai suasana kerja yang aman, nyaman, sehat, dan tercapai produktivitasnya. Nilai jangka panjangnya adalah, terhindarnya tenaga kerja dari Penyakit Akibat Kerja yang artinya tidak hanya produktivitas kerja yang dicapai namun produktivitas pekerja dimasa pensiunnya atau masa setelah berhenti bekerja akan tetap terjaga. Tidak bisa dipungkiri banyak pekerja yang menjalani masa tuanya dengan berbagai macam penyakit yang sebenarnya didapat saat masih bekerja. Dan ini adalah salah satu bentuk KEGAGALAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA.

Program Keselamatan Kesehatan Kerja berjalan baik salah satunya adalah jika pekerja terhindar dari kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja dan juga sehat saat menjalani masa pensiun.

Jadi jelas sekali bahwa pekerja itu bukan sebagai objek tetapi harus sebagai subjek yang sangat berpengaruh pada produktivitas dan maju tidaknya suatu perusahaan. Jadi sebenarnya sangat mudah sekali kalau ingin perusahaan itu maju, berikan jaminan kesehatan yang baik, jaminan keselamatan kerja yang baik tentu saja dengan mengedepankan prinsip mencegah itu lebih baik dan efektif dari pada dengan mengobati. Dan yang penting juga ciptakan lingkungan kondisi kerja yang ideal sehingga membuat pekerja nyaman dan semangat dalam bekerja

Pendidikan & training kepada pengusaha dan tenaga kerja tentang pentingnya keselamatan kesehatan tenaga kerja dalam meningkatkan produktivitas bisa merupakan salah satu cara yang digunakan untuk saling berbagi informasi.

Ingat dan Pahami,,,

Produktivitas bukanlah kebetulan, Produktivitas merupakan hasil dari komitmen, perencanaan yang cerdas, usaha yang fokus serta penerapan program keselamatan kesehatan kerja yang baik dan terintegritas.

 

Oleh, dr Joe J Sakul
November 2020